Daftar Isi:
  • Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan bagi peserta didik. Penting bagi seorang guru dapat menciptakan suasana pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan. Pada penelitian ini peneliti akan melakukan penelitian dengan menggunakan media Macromedia Flash dengan Congklak Bil-bul. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media Macromedia Flash dengan Congklak Bil-bul pada materi operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatifdenganpopulasi peserta didik kelas V SDN 3 Sidokumpul Gresik tahun pelajaran 2013-2014. Sedangkan sampel dari penelitaian ini adalah kelas V A dan V B dan pengambilan sampel penelitian tersebut menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah validitas instrumen dan reliabilitas instrumen. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Macromedia Flash dengan Congklak Bil-bul.Dalam membandingkan tes hasil belajar, peneliti menggunakan uji-t dua sampel independen (Independent-samples t test). Hasil analisis data diperoleh yaitu angka sig = 0,024 < dari α = 0,05 artinya H0 ditolak atau ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan menggunakan media Macromedia Flash dengan Congklak Bil-bul pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas V SDN 3 Sidokumpul Gresik.