PEMBELAJARAN RODA PUTAR KEPATIHAN MENGANTI GRESIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK MBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA I POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SIMETRIS

Main Author: AGUSTIN, HERLINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/1716/1/ABSTRAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1716/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1716/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1716/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1716/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1716/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1716/7/daftar%20pustaka.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1716/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting untuk dipelajari kerena memiliki banyak manfaat. Meskipun banyak keuntungan mempelajari matematika, kenyataannya masih banyak peserta didik yang kurang berminat mempelajari matematika.Hal ini dikarenakan pembelajaran masih menggunakan metode yang kurang diminati oleh peserta didik. Untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar serta meningkatkan hasil belajar matematika. Salah satunya yaitu metode pembelajaran team games tournament dengan menggunakan roda putar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik, ketuntasan belajar dan respon setelah penerapan pembelajaran teams games tournament menggunakan roda putar. Tempat penelitian ini adalah di MI Nurul Huda I Kepatihan Menganti Gresik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Huda I Kepatihan Menganti Gresik semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Materi yang diajarkan adalah pokok bahasan bangun datar simetris Instrumen penelitian berupa lembar tes (tes awal dan tes akhir) berupa uraian berjumlah 10 soal dan angket respon peserta didik berjumlah 10 item. Hasil analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut: a. Ketuntasan Klasikal belajar mata pelajaran matematika sebesar 71,43%. b. Nilai t hitung berada di daerah penolakan Ho atau t hitung (21,5998) > t tabel (1,7247), sehingga diperoleh keterangan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pembelajaran teams games tournament menggunakan roda putar. c. Sikap tiap responden (peserta didik) terhadap pembelajaran teams games tournament menggunakan roda putar tersebar pada kategori positif . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik serta dapat mencapai ketuntasan secara klasikal dan mendapat respon positif dari peserta didik.