PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK CATUR PADA MATERI SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS V SDN IKER-IKER GEGER

Main Author: Arifah, Zeti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/1602/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1602/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1602/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1602/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1602/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1602/
Daftar Isi:
  • Penggunaan metode dan media pembelajaran oleh guru dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi pemahaman materi yang dipelajari peserta didik. Pembelajaran menggunakan metode konvensional sering kali membuat peserta didik sulit memahami materi yang diajarkan. Karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik cenderung pasif. Di samping itu, pembelajaran mengunakan metode konvensional sering kali membuat peserta didik bingung dalam menggunakan konsep-konsep matematika karena peserta didik hanya menghafal konsep yang diberikan oleh guru bukan memahaminya. Melihat kondisi tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian sebagai salah satu alternatif dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru, aktifitas peserta didik, tes hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran matematika model discovery learning dengan media kotak catur Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas V SDN Iker-Iker Geger tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktifitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Sedangkan metode analisis data dilakukan secara statistik dan mendeskripsikannya secara kualitatif. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika model discovery learning dengan media kotak catur termasuk kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik termasuk kategori baik; (3) Ketuntasan belajar klasikal tercapai.