KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI
ctrlnum |
1593 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/1593/</relation><title>KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI</title><creator>Rochmatin, Nuril</creator><subject>Islamic Education</subject><subject>Islamic</subject><subject>Education</subject><description>Pendidikan anak merupakan sesuatu yang urgen untuk diperhatikan. Hal ini
disebabkan anak terlahir dengan berbagai potensi yang dimilikinya yang perlu
untuk ditumbuh-kembangkan. Selain itu anak merupakan bagian terpenting dari
seluruh proses pertumbuhan manusia. Berkualitas atau tidaknya ia dimasa dewasa
sangat dipengaruhi oleh proses pengasuhan dan pendidikan yang diterima di masa
kanak-kanaknya. Oleh karena itu pendidikan anak berarti perencanaan peradaban
dan kemajuan bangsa. Sehingga tanpa pendidikan anak sesungguhnya tidak akan
pernah ada peradaban dan kemajuan bangsa. Mengingat betapa urgennya
pendidikan anak, maka muncullah konsep pendidikan anak berupa kumpulan
pemikiran atau ide tentang hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan anak.
Al-Ghazali telah lebih dulu banyak merumuskan tentang pendidikan anak. Ia tidak
hanya terkenal di kalangan orang Islam tapi juga didunia barat. Oleh karena itu,
peneliti tertarik untuk mengambil judul Konsep Pendidikan Anak Dalam
Perspektif Al-Ghazali.
Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana pandangan Al-Ghazali tentang
anak? Bagaimana konsep pendidikan anak dalam perspektif Al-Ghazali?
Bagaimana peran pendidik dalam pendidikan anak menurut Al-Ghazali? 
x
Bagaimana relevansi konsep pendidikan anak dalam perspektif Al-Ghazali
dengan pendidikan islam dewasa ini?
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research,
dengan sumber data primer Ihya' 'Uluumi karya Al-Ghazali. Sedangkan sumber
data sekundernya adalah Mukhtashar Ihya' 'Uluumi, Seluk Beluk Pendidikan Dari
Al-Ghazali, karya Zainuddin dkk, dan data-data lainnya yang relevan dengan
penelitian ini.
Dari penelitian tersebut terungkap pandangan Al-Ghazali tentang anak. AlGhazali memandang anak sebagai pribadi yang dilahirkan dengan potensipotensinya dan mempunyai kecenderungan fitrah ke arah baik dan buruk sehingga
sangat memerlukan pendidikan. Anak merupakan amanah bagi kedua orang
tuanya, Adapun Konsep Pendidikan Anak adalah bahwa Al-Ghazali memiliki
konsep pendidikan anak yang holistik yaitu mencakup aspek spiritual, moral,
sosial, kognitif dan fisik. Tujuan pendidikannya pun tidak terbatas pada taqorrub
ila Allah tapi juga pengembangan potensi jasmani dan rohani. Adapun materi
pendidikan anak yang ditetapkan Al-Ghazali adalah berdasarkan aspek-aspek
pendidikan yang dirumuskannya. Sedangkan metode pendidikan yang
ditetapkannya adalah bervariasi dan tentunya hal itu disesuaikan dengan
periodesasi anak yang dirumuskannya. Materi pendidikan menurut Al-Ghazali
bertahap dari yang berupa materi ilmu praktis hingga materi yang berisi
argumentasi. Begitu pula metode pendidikan berawal dari yang hanya bersifat
peniruan hingga metode berfikir karena perkembangan kognitif anak berkembang
dari yang hanya mampu meniru hingga yang mampu berpikir abstrak. Dengan 
xi
demikian maka periodesasi perkembangan anak menurut Al-Ghazali terdapat
empat tahapan, yaitu al-janin, al-tifl, tamyiz dan al-auliya’ dan al-anbiya’. Dan
peran pendidik dalam pendidikan anak adalah bisa memberikan kasih sayang
kepada anak didiknya, bisa mencontoh Rasulullah, menjadi teladan terhadap anak
didik, dan bisa menghormatai kode etik guru. Dan yang paling menarik ternyata
konsep pendidikan anak yang ditawarkan Al-Ghazali mempunyai relevansi
dengan konsep Pendidikan islam dewasa ini.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran umat Islam serta
mengilhami munculnya penelitian yang lebih mendalam dan integral tentang
pendidikan anak.</description><date>2013-06-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1593/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1593/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1593/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1593/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1593/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1593/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1593/7/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Rochmatin, Nuril (2013) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--nurilrochm-1275&q=KONSEP%20PENDIDIKAN%20ANAK%20DALAM%20PERSPEKTIF%20AL-GHAZALI</relation><recordID>1593</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rochmatin, Nuril |
title |
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI |
publishDate |
2013 |
topic |
Islamic Education Islamic Education |
url |
http://eprints.umg.ac.id/1593/1/ABSTRAK.pdf http://eprints.umg.ac.id/1593/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umg.ac.id/1593/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umg.ac.id/1593/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umg.ac.id/1593/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umg.ac.id/1593/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umg.ac.id/1593/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umg.ac.id/1593/ http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--nurilrochm-1275&q=KONSEP%20PENDIDIKAN%20ANAK%20DALAM%20PERSPEKTIF%20AL-GHAZALI |
contents |
Pendidikan anak merupakan sesuatu yang urgen untuk diperhatikan. Hal ini
disebabkan anak terlahir dengan berbagai potensi yang dimilikinya yang perlu
untuk ditumbuh-kembangkan. Selain itu anak merupakan bagian terpenting dari
seluruh proses pertumbuhan manusia. Berkualitas atau tidaknya ia dimasa dewasa
sangat dipengaruhi oleh proses pengasuhan dan pendidikan yang diterima di masa
kanak-kanaknya. Oleh karena itu pendidikan anak berarti perencanaan peradaban
dan kemajuan bangsa. Sehingga tanpa pendidikan anak sesungguhnya tidak akan
pernah ada peradaban dan kemajuan bangsa. Mengingat betapa urgennya
pendidikan anak, maka muncullah konsep pendidikan anak berupa kumpulan
pemikiran atau ide tentang hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan anak.
Al-Ghazali telah lebih dulu banyak merumuskan tentang pendidikan anak. Ia tidak
hanya terkenal di kalangan orang Islam tapi juga didunia barat. Oleh karena itu,
peneliti tertarik untuk mengambil judul Konsep Pendidikan Anak Dalam
Perspektif Al-Ghazali.
Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana pandangan Al-Ghazali tentang
anak? Bagaimana konsep pendidikan anak dalam perspektif Al-Ghazali?
Bagaimana peran pendidik dalam pendidikan anak menurut Al-Ghazali?
x
Bagaimana relevansi konsep pendidikan anak dalam perspektif Al-Ghazali
dengan pendidikan islam dewasa ini?
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research,
dengan sumber data primer Ihya' 'Uluumi karya Al-Ghazali. Sedangkan sumber
data sekundernya adalah Mukhtashar Ihya' 'Uluumi, Seluk Beluk Pendidikan Dari
Al-Ghazali, karya Zainuddin dkk, dan data-data lainnya yang relevan dengan
penelitian ini.
Dari penelitian tersebut terungkap pandangan Al-Ghazali tentang anak. AlGhazali memandang anak sebagai pribadi yang dilahirkan dengan potensipotensinya dan mempunyai kecenderungan fitrah ke arah baik dan buruk sehingga
sangat memerlukan pendidikan. Anak merupakan amanah bagi kedua orang
tuanya, Adapun Konsep Pendidikan Anak adalah bahwa Al-Ghazali memiliki
konsep pendidikan anak yang holistik yaitu mencakup aspek spiritual, moral,
sosial, kognitif dan fisik. Tujuan pendidikannya pun tidak terbatas pada taqorrub
ila Allah tapi juga pengembangan potensi jasmani dan rohani. Adapun materi
pendidikan anak yang ditetapkan Al-Ghazali adalah berdasarkan aspek-aspek
pendidikan yang dirumuskannya. Sedangkan metode pendidikan yang
ditetapkannya adalah bervariasi dan tentunya hal itu disesuaikan dengan
periodesasi anak yang dirumuskannya. Materi pendidikan menurut Al-Ghazali
bertahap dari yang berupa materi ilmu praktis hingga materi yang berisi
argumentasi. Begitu pula metode pendidikan berawal dari yang hanya bersifat
peniruan hingga metode berfikir karena perkembangan kognitif anak berkembang
dari yang hanya mampu meniru hingga yang mampu berpikir abstrak. Dengan
xi
demikian maka periodesasi perkembangan anak menurut Al-Ghazali terdapat
empat tahapan, yaitu al-janin, al-tifl, tamyiz dan al-auliya’ dan al-anbiya’. Dan
peran pendidik dalam pendidikan anak adalah bisa memberikan kasih sayang
kepada anak didiknya, bisa mencontoh Rasulullah, menjadi teladan terhadap anak
didik, dan bisa menghormatai kode etik guru. Dan yang paling menarik ternyata
konsep pendidikan anak yang ditawarkan Al-Ghazali mempunyai relevansi
dengan konsep Pendidikan islam dewasa ini.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran umat Islam serta
mengilhami munculnya penelitian yang lebih mendalam dan integral tentang
pendidikan anak. |
id |
IOS13350.1593 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Gresik |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptma.onesearch.id dpr.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
737 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik |
library_id |
758 |
collection |
Muhammadiyah University of Gresik |
repository_id |
13350 |
city |
GRESIK |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13350 |
first_indexed |
2020-03-24T07:53:00Z |
last_indexed |
2020-03-24T07:53:00Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686664552920383488 |
score |
17.538404 |