Daftar Isi:
  • Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah penggunaan metode pembelajaran. Dalam pembelajaran hendaknya pendidik memperhatikan keaktifan peserta didik. Keaktifan dapat ditingkatkan dalam keterlibatan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik adalah dengan menggunakan metode Giving Questions and Getting Answers (GQGA). Metode ini digunakan untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dalam menerapkan metode GQGA dan aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran menggunakan metode GQGA serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan peserta didik terhadap hasil belajar matematika melalui metode GQGA kelas VII SMP YPI Darussalam 1 Cerme. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP YPI Darussalam 1 Cerme yang terdiri dari kelas VIIA-VIIE. Sampel penelitian yaitu kelas VII C yang dipilih secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar matematika Hasil analisis data, aktivitas pendidik dalam menerapkan metode GQGA yaitu sangat baik, sedangkan aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran yaitu cukup. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa 46,7% keaktifan peserta didik mempengaruhi hasil belajar matematika melalui metode GQGA.