UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KEMASAN PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT. SAKATAMA GRESIK

Main Authors: Ilmawan, Firdausi, Pusporini, Pregiwati, Dahda, Said Salim
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/1452/1/13612051%20Ilmawan%20Firdausi%20UPAYA%20PENINGKATAN%20KUALITAS%20KEMASAN%20PRODUK%20DENGAN%20METODE%20SIX%20SIGMA%20DI%20PT.%20SAKATAMA%20GRESIK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1452/
Daftar Isi:
  • PT. SAKATAMA merupakan anak perusahaan yang menyuplai kemasan produk sachet milo pada PT. NESTLE INDONESIA yang bergerak dibidang minuman energi salah satunya milo. PT. SAKATAMA selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggannya terutama dalam bidang kualitas. Namun ternyata masih banyak dijumpai defect product kemasan yang dihasilkan pada periode bulan Januari 2018 s.d. Maret 2018 yang terdiri dari 5 kategori defect antara lain : bocor gusset, bocor vertical, produk trap, double seel dan bocor horizontal. Pada penelitian ini menggunakan siklus DMAI untuk meningkatkan kualitas pada kemasan produk sachet Milo dan hasilnya berupa tahap usulan rancangan perbaikan tiap jenis defect. Untuk itu Penelitian ini menggunakan Tools alat sigma yakni Critical to Quality, Defect per Million Opportunity, Cost of Poor Quality, FMEA. Tujuan dari DMAI ini agar defect kemasan produk sachet Milo yang dihasilkan berkurang dan nilai sigma meningkat dengan dasar target perusahaan untuk defect product sebesar 2 %. Berdasarkan hasil perhitungan RPN Tabel FMEA dan diperoleh penyebab defect terbesar yakni bocor horizontal dengan nilai RPN 347. Penyebab kegagalannya adalah penjepit tidak bekerja optimal dan kotor dan usulan rancangan perbaikannya yakni dengan melakukan perbaikan mesin (maintenance) kemudian dilakukan perawatan secara rutin. Diskusi ini dilakukan dengan tim proyek sigma.