Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi penelitian pembelajaran matematika di kelas V SDN Suci tersebut masih tergolong klasik dimana setelah peserta didik menerima penjelasan tentang materi menentukan KPK dan FPB dengan metode ceramah, peserta didik mengerjakan soal latihan yang ada di papan tulis. Di sisi lain materi yang sulit dipahami peserta didik adalah faktor dan kelipatan yaitu FPB dan KPK, kebanyakan peserta didik masih bingung membedakan mana yang digunakan untuk menghitung KPK dan FPB. Oleh karena itu dibutuhkan pembelajaran yang tepat untuk memudahkan serta melibatkan peserta didik secara aktif dalam belajarnya yaitu dengan mengunakan media Primer Cards. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran menggunakan media Primer Card. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V-A dan V-B SD Negeri Suci tahun pelajaran 2013-2014, sedangkan sampel penelitian adalah kelas V-A yang dipilih secara acak setelah melakukan uji homogenitas. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar peserta didik dan data observasi. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan menggunakan media Primer Card dapat dikatakan baik sebesar 84. Rata-rata prosentase aktivitas peserta didik seluruh pertemuan dalam katagori aktif sebesar 58,5%, cukup aktif sebesar 27%, dan kurang aktif sebesar 14,5%. Peserta didik tuntas belajar sebesar 80,77% sesuai dengan kurikulum SD Negeri Suci secara klasikal ketuntasan belajar tercapai. Respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media Primer Card dikategorikan baik dengan prosentase 92%.