ctrlnum 1431
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/1431/</relation><title>PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK&#xD; YANG MENGGUNAKAN MEDIA LINGKARAN&#xD; MILENIUM DENGAN KARTU MILENIUM PADA&#xD; MATERI POKOK PECAHAN KELAS VII&#xD; SMP NEGERI 2 CERME</title><creator>SHOLIHAH, MU&#x2019;MINATUS</creator><subject>Geometry</subject><subject>Mathematic Education</subject><description>Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru matematika, dalam proses pembelajaran pada materi pecahan di kelas VII SMP peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi penjumlahan maupun pengurangan bilangan pecahan. Meskipun mereka pernah mempelajari materi itu sebelumnya di sekolah dasar, tapi mereka masih belum memahami konsep pecahan itu sendiri. Sehingga peserta didik masih sering melakukan operasi penjumlahan maupun pengurangan tanpa mempedulikan penyebut yang tidak sama. Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep bilangan pecahan dibutuhkan bantuan media pembelajaran yang lebih efektif dalam mencapai hasil belajar peserta didik yaitu Lingkaran Milenium dan Kartu Milenium. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Lingkaran Milenium dengan Kartu Milenium pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Cerme tahun ajaran 2014/2015 yakni kelas VII A, VII B, dan kelas VII C, sedangkan sampel penelitian adalah sebanyak 54 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan tehnik random sampling sederhana, yakni kelas VII A dan VII C. Sedangkan Kelas VII B sebagai kelas uji coba soal tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan Uji Kruskal-Wallis dengan nilai &#x3B1; = 0,05 didapatkan nilai P-value pada baris Asymp. Sig = 0,756 &gt; &#x3B1;, atau H0 diterima. Artinya tidak ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Lingkaran Milenium dengan Kartu Milenium pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme.</description><date>2014-11-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1431/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1431/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1431/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1431/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1431/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1431/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1431/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SHOLIHAH, MU&#x2019;MINATUS (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA LINGKARAN MILENIUM DENGAN KARTU MILENIUM PADA MATERI POKOK PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 2 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jipptumg--muminatuss-1598&amp;q=PERBANDINGAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20YANG%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20LINGKARAN%20MILENIUM%20DENGAN%20KARTU%20MILENIUM%20PADA%20MATERI%20POKOK%20PECAHAN%20KELAS%20VII%20SMP%20NEGERI%202%20CERME</relation><recordID>1431</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SHOLIHAH, MU’MINATUS
title PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA LINGKARAN MILENIUM DENGAN KARTU MILENIUM PADA MATERI POKOK PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 2 CERME
publishDate 2014
topic Geometry
Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/1431/1/ABSTRAK.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1431/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1431/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1431/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1431/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1431/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1431/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1431/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--muminatuss-1598&q=PERBANDINGAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20YANG%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20LINGKARAN%20MILENIUM%20DENGAN%20KARTU%20MILENIUM%20PADA%20MATERI%20POKOK%20PECAHAN%20KELAS%20VII%20SMP%20NEGERI%202%20CERME
contents Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru matematika, dalam proses pembelajaran pada materi pecahan di kelas VII SMP peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi penjumlahan maupun pengurangan bilangan pecahan. Meskipun mereka pernah mempelajari materi itu sebelumnya di sekolah dasar, tapi mereka masih belum memahami konsep pecahan itu sendiri. Sehingga peserta didik masih sering melakukan operasi penjumlahan maupun pengurangan tanpa mempedulikan penyebut yang tidak sama. Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep bilangan pecahan dibutuhkan bantuan media pembelajaran yang lebih efektif dalam mencapai hasil belajar peserta didik yaitu Lingkaran Milenium dan Kartu Milenium. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Lingkaran Milenium dengan Kartu Milenium pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Cerme tahun ajaran 2014/2015 yakni kelas VII A, VII B, dan kelas VII C, sedangkan sampel penelitian adalah sebanyak 54 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan tehnik random sampling sederhana, yakni kelas VII A dan VII C. Sedangkan Kelas VII B sebagai kelas uji coba soal tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan Uji Kruskal-Wallis dengan nilai α = 0,05 didapatkan nilai P-value pada baris Asymp. Sig = 0,756 > α, atau H0 diterima. Artinya tidak ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Lingkaran Milenium dengan Kartu Milenium pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme.
id IOS13350.1431
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:52:58Z
last_indexed 2020-03-24T07:52:58Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664550396461056
score 17.538404