Daftar Isi:
  • Matematika adalah mata pelajaran yang tidak disukai oleh peserta didik. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket yang disebarkan ke beberapa sekolah yakni, SMP Negeri 1 Manyar, SMP Muhammadiyah 12 GKB, MTs. Nurul Islam Pongangan, dan MTs Mamba’us Sholihin Suci, dengan jumlah responden sebanyak 200 siswa. Sebanyak 65 % responden menjawab tidak suka matematika karena matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipahami, membosankan dan selalu berhubungan dengan rumus-rumus yang sulit untuk dihafalkan, 84% responden menyatakan bahwa pembelajaran matematika di kelas mereka masih menggunakan metode ceramah, dan 89% responden menyatakan bahwa mereka menyukai penggunaan media pembelajaran atau permainan (game) pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Sirkuit Pintar dengan Kartu Domino Lingkaran pada pokok bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di kelas VIII MTs. Nurul Islam Pongangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs. Nurul Islam yang berada di kelas reguler pada tahun ajaran 2013/2014 yakni kelas VIII B, VIII C, VIII D dan kelas VIII E, sedangkan sampel penelitian adalah sebanyak 78 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan tehnik random sampling sederhana, yakni kelas VIII C dan VIII D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dua sampel independent (Independent-sample t test) diperoleh nilai sig = 0,993 > α, atau H0 diterima. artinya tidak ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Sirkuit Pintar dengan Kartu Domino Lingkaran pada pokok bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di kelas VIII MTs. Nurul Islam Pongangan.