ctrlnum 1409
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/1409/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE&#xD; STAD BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI HIMPUNAN&#xD; KELAS VII E SMP YPI DARUSSALAM CERME</title><creator>ROHMAN, FARID</creator><subject>Geometry</subject><subject>Mathematic Education</subject><description>Pembelajaran matematika yang mendominasi di sekolah adalah pembelajaran yang konvensional. Peserta didik belajar secara pasif, karena pembelajaran hanya berpusat pada guru, sedangkan salah satu model pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran dan dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Maka dari itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiviement Division) berbasis multimedia.&#xD; Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang di modifikasi dengan media (macromedia flash) untuk menekankan pada aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Tipe ini menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktifitas guru, aktifitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran, hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran, dan respon peserta didik.&#xD; Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-E SMP SMP YPI Darussalam Cerme tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 32 peserta didik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktifitas guru, serta aktivitas pesertadidik, soal tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik.&#xD; Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe STAD pada materi himpunan bagian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran aktifitas guru dikategorikan baik, aktifitas peserta didik juga dikategorikan baik, ketuntasan belajar peserta didik dalam pembelajaran dikatakan tuntas dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dikatakan baik. Dari keempat indikator tersebut semuanya tercapai, maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia pada materi himpunan bagian dikatakan baik.</description><date>2014-10-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1409/1/ix%20abstrak%20bin.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1409/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1409/3/BAB%20II%20%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1409/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1409/5/BAB%20IV%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1409/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/1409/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf</identifier><identifier> ROHMAN, FARID (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII E SMP YPI DARUSSALAM CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jipptumg--faridrohma-1572&amp;q=PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STAD%20BERBASIS%20MULTIMEDIA%20PADA%20MATERI%20HIMPUNAN%20KELAS%20VII%20E%20SMP%20YPI%20DARUSSALAM%20CERME</relation><recordID>1409</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ROHMAN, FARID
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII E SMP YPI DARUSSALAM CERME
publishDate 2014
topic Geometry
Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/1409/1/ix%20abstrak%20bin.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1409/2/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1409/3/BAB%20II%20%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1409/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1409/5/BAB%20IV%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1409/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1409/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf
http://eprints.umg.ac.id/1409/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--faridrohma-1572&q=PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STAD%20BERBASIS%20MULTIMEDIA%20PADA%20MATERI%20HIMPUNAN%20KELAS%20VII%20E%20SMP%20YPI%20DARUSSALAM%20CERME
contents Pembelajaran matematika yang mendominasi di sekolah adalah pembelajaran yang konvensional. Peserta didik belajar secara pasif, karena pembelajaran hanya berpusat pada guru, sedangkan salah satu model pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran dan dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Maka dari itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiviement Division) berbasis multimedia. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang di modifikasi dengan media (macromedia flash) untuk menekankan pada aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Tipe ini menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktifitas guru, aktifitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran, hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran, dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-E SMP SMP YPI Darussalam Cerme tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 32 peserta didik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktifitas guru, serta aktivitas pesertadidik, soal tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe STAD pada materi himpunan bagian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran aktifitas guru dikategorikan baik, aktifitas peserta didik juga dikategorikan baik, ketuntasan belajar peserta didik dalam pembelajaran dikatakan tuntas dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dikatakan baik. Dari keempat indikator tersebut semuanya tercapai, maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia pada materi himpunan bagian dikatakan baik.
id IOS13350.1409
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:52:58Z
last_indexed 2020-03-24T07:52:58Z
recordtype dc
_version_ 1686664672806174720
score 17.538404