Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar yang dilaksanakan diberbagai sekolah banyak yang masih menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu guru hanya memberikan informasi kepada peserta didik, sedangkan peserta didik hanya menerima informasi tersebut. Hal ini mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan kurang aktif dalam belajarnya serta anggapan matematika adalah pelajaran yang sulit serta tidak menarik bagi mereka. Untuk dapat membantu keaktifan dan mengurangi kebosanan peserta didik dalam belajar, dapat menggunakan bantuan media Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft Office PowerPoint dalam proses pembelajaran. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik antara pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Visual Basic 6.0 dengan pembelajaran dengan menggunakan media Microsoft Office PowerPoint pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 1 Maduran Lamongan. Jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Microsoft Visual Basic 6.0 dengan Microsoft Office PowerPoint pada materi lingkaran. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas reguler kelas VIII SMP N 1 Maduran Lamongan tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling yakni kelas VIII-E (kelas Microsoft Visual Basic 6.0) dan VIII-F (kelas Microsoft Office PowerPoint). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Microsoft Visual Basic 6.0 dengan media Microsoft Office PowerPoint di kelas VIII SMP N 1 Maduran Lamongan.