Daftar Isi:
  • Penelitan ini bertujuan melakukan analisis pengaruh inovasi prduk, kinerja pemasaran dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing toko roti di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan analsis regresi linear berganda, dengan teknik sampling incidental. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 50 sample toko roti yang ada di Kabupaten Gresik. Pengolahan data dari penelitian ini menggunakan SPSS versi 15. Hasil penelitian uji t memperlihatkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 2,096 > 2,0219, maka Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. t hitung < t tabel yaitu 1,293 < 2,0219, Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pemasaran tidak berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. t hitung > t tabel yaitu 5,900 > 2,0219, maka orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitian uji F memperlihatkan bahwa F hitung 82,665 > F table 2,81 dan nilai signifikansi F yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka inovasi produk, kinerja pemasaran dan orientasi pasar berpengaruh secara simultan terhadap keunggulan bersaing.