Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik

Main Author: Az-zahroh, Tazkiyatun Nafs
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/120/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.umg.ac.id/120/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/120/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/120/4/BAB_IV.PDF
http://eprints.umg.ac.id/120/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/120/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa kepuasan yang dialami pasien rawat inap di ruang dewasa umum Rumah Sakit X KabupatenGresik merupakan sebuahfenomena yang menarik. Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien rawat inap di ruang dewasa umum Rumah Sakit X yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya (Pohan, 2007:145). Faktor yang mempengarui kepuasan pasien antara lain faktor karakteristik produk/jasa, mutu pelayanan, harga, lokasi, desain visual, image, suasana, lingkungan, emosi yang ditekan, sebab-sebab fisik, dan faktor keturunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di ruang dewasa umumRumah Sakit X Kabupaten Gresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan karakteristik permasalahannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive samplingpada pasien rawat inap di ruang dewasa umum Rumah Sakit X.Sedangkan metode pengumpulan datadari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk SkalaLikert. Data dari kedua variabel diolah dengan teknik statistik regresi sederhanadengan bantuan program SPSS 18.0 for windows. Diketahui bahwa rhitung> r tabel (0,834> 0,181), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien korelasipositif menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi adalah searah, apabilaskor mutu pelayanan kesehatan tinggimaka kepuasan pasien semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. Dari hasil R Squaresebesar 0,695 dapat dikatakan bahwa sumbanganmutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien adalah sebesar 69,5%. Hasil perhitungan tabel anova mengindikasikan bahwa regresi secara statistik signifikan dengan nilai F = 263,673 untuk derajat kebebasank = 1 dan n-k-1 = 117-1-1 = 115 dan P-value = 0,00 > 0,05. Sedangkan perhitungan koefesien thitung = 16,238 dengan derajat kebebasan n-k-1 = 117-1-1=115 dan ttabel= 1,981 maka dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan kesehatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci:Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan