IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST) PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME

Main Author: Darmayanti, Titik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umg.ac.id/112/1/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/
ctrlnum 112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/112/</relation><title>IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST) PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME</title><creator>Darmayanti, Titik</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Pendidikan merupakan salah satu aspek yang memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu mempersiapkan siswa agar memiliki keterampilan berpikir. Salah satunya yaitu keterampilan berpikir kreatif. Mengingat pentingnya berpikir kreatif bagi siswa dalam mengembangkan proses pembelajaran. Maka guru perlu mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu cara yang dapat mengukur kemampuan berpikir yang dimiliki siswa yaitu dengan pemberian Multiple Slution Task (MST) yang secara eksplisit meminta siswa untuk menyelesaikan masalah matematika yang diberikan dengan cara penyelesaian yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linier dua variabel menggunakan Multiple Solution Task (MST).&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIC SMP Muhammdiyah 7 Cerme tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu lembar tes pemecahan masalah, hasil tes pemecahan masalah dianalisis menggunakan Scoring Scheme dan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK).&#xD; Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada 2 siswa (10,5%) yang termasuk dalam TKBK 4 (Sangat Kreatif), 1 siswa (5,3%) yang termasuk dalam TKBK 3 (Kreatif), 5 siswa (26,3%) yang termasuk dalam TKBK 2 (Cukup Kreatif) dengan karakteristik hanya memenuhi komponen fleksibilitas, tidak ada siswa (0%) yang termasuk dalam TKBK 1 (Kurang Kreatif), dan terdapat 11 siswa (52,6%) yang termasuk dalam TKBK 0 (Tidak Kreatif).</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/112/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/112/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/112/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/112/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/112/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/112/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Darmayanti, Titik (2017) IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST) PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><recordID>112</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Darmayanti, Titik
title IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV MENGGUNAKAN MULTIPLE SOLUTION TASK (MST) PADA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME
publishDate 2017
topic Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/112/1/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/112/
contents Pendidikan merupakan salah satu aspek yang memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu mempersiapkan siswa agar memiliki keterampilan berpikir. Salah satunya yaitu keterampilan berpikir kreatif. Mengingat pentingnya berpikir kreatif bagi siswa dalam mengembangkan proses pembelajaran. Maka guru perlu mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu cara yang dapat mengukur kemampuan berpikir yang dimiliki siswa yaitu dengan pemberian Multiple Slution Task (MST) yang secara eksplisit meminta siswa untuk menyelesaikan masalah matematika yang diberikan dengan cara penyelesaian yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linier dua variabel menggunakan Multiple Solution Task (MST). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIC SMP Muhammdiyah 7 Cerme tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu lembar tes pemecahan masalah, hasil tes pemecahan masalah dianalisis menggunakan Scoring Scheme dan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada 2 siswa (10,5%) yang termasuk dalam TKBK 4 (Sangat Kreatif), 1 siswa (5,3%) yang termasuk dalam TKBK 3 (Kreatif), 5 siswa (26,3%) yang termasuk dalam TKBK 2 (Cukup Kreatif) dengan karakteristik hanya memenuhi komponen fleksibilitas, tidak ada siswa (0%) yang termasuk dalam TKBK 1 (Kurang Kreatif), dan terdapat 11 siswa (52,6%) yang termasuk dalam TKBK 0 (Tidak Kreatif).
id IOS13350.112
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:52:46Z
last_indexed 2020-03-24T07:52:46Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664533345566720
score 17.538404