Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru, aktifitas peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan respon peserta didik terhadap implementasi strategi pembelajaran learning start with a Question (LSQ) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Muhammadiyah 1 Dukun Gresik. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Dukun Gresik Tahun ajaran 2018-2019, sedangkan subyek penelitian sebanyak 16 siswa dari kelas VIII-B. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar observasi, lembar tes hasil belajar, angket respon peserta didik. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Aktifitas guru dalam menerapkan strategi pembelajaran learning starts with a question(LSQ) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Muhammadiyah 1 Dukun Gresik masuk katagori baik (B); (2) Aktifitas peserta didik ketika mengikuti strategi pembelajaran learning starts with a question (LSQ) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Muhammadiyah 1 Dukun Gresik masuk katagori baik (B); (3) Respon peserta didik terhadap strategi pembelajaran learning starts with a question (LSQ) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Muhammadiyah 1 Dukun Gresik termasuk kedalam predikat baik (B) (4) Hasil belajar peserta didik setelah mengikuti strategi pembelajaran learning starts with a question (LSQ) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Muhammadiyah 1 Dukun Gresik dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% hasil belajar masuk dalam predikat baik (B).