Rancang Bangun Aplikasi Mata Pelajaran IPA Tata Surya Dengan Menerapkan Teknik Augmented Reality (Studi Kasus: SMP Puspita Bangsa Ciputat)

Main Authors: Ramdhani, Desyano Fachri, Munawaroh, Munawaroh
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JOAIIA : Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications , 2020
Subjects:
Online Access: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA/article/view/8319
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA/article/view/8319/5347
Daftar Isi:
  • SMP Puspita Bangsa adalah salah satu instansi bergerak di bidang pendidikan yang bertempat di Ciputat, Tangerang Selatan. Di sekolah ini pembelajaran IPA Tata Surya belum ada alat peraga 3 dimensi dikarenakan harganya yang cukup mahal sehingga siswa melihat ilustrasi gambar tata surya dari buku saja membuat siswa menjadi pasif dan kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi Augmented Reality tata suya berbasis android yang terjangkau mudah digunakan membuat siswa lebih aktif dan tertarik dalam belajar IPA Tata Surya. Aplikasi Augmented Reality Tata Surya berbasis Android ini dibuat menggunakan software Unity dan Vuforia dengan metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah waterfall. Berdasarkan implementasi yang dilakukan, aplikasi Augmented Reality ini telah sesuai dengan kebutuhan, karena dibangun berdasarkan identifikasi kebutuhan dan melakukan pemerikasaan terhadap kebutuhan tersebut.