Pengaruh Pola Sosialisasi, Persepsi Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Citra Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Listrik Pintar (Listrik Prabayar) Di PT. PLN (Persero) Area Kota Pekanbaru

Main Author: Nico Andrian
Format: Masters xiv, 136 hlm. ; 28 cm
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2018
Subjects:
Online Access: http://lib.pasca-unri.org//index.php?p=show_detail&id=853
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNico Andrian, 1510244177, Pengaruh Pola Sosialisasi, Persepsi Pelanggan, dan Citra Perusahaan terhadap Citra Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen pada produk listrik pintar (listrik prabayar) di PT. PLN (persero) Area Kota Pekanbaru, dibimbing oleh Zulkarnain dan Alvi Furwanti Alwie.Penelitian dilakukan pada konsumen PT. PLN (persero) Area Kota Pekanbaru yang telah menggunakan listrik pintar (prabayar).Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung variabel pola sosialisasi, persepsi pelanggan dan citra perusahaan terhadap citra produk dan keputusan pembelian konsumen pada produk listrik pintar (listrik prabayar). Populasi penelitian ini sebanyak 14.955 orang pelanggan listrik prabayar PT. PLN (persero) Area Kota Pekanbaru. Penetapan sample mengacu pada rumus slovin sehingga jumlah sample penelitian menjadi 100 orang pelanggan listrik prabayar.Variabel yang digunakan adalah pola sosialisasi, persepsi pelanggan dan citra perusahaan sebagai variabel independen. Variabel citra produk sebagai variabel intervening, dan variabel keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat bantu SmartPLS 2.Adapun hasil perhitungan variabel dari penelitian ini memiliki nilai loading factor lebih dari 0.50 ini berarti indikator-indikator tersebut valid. Untuk hasil pengujian hipotesis Citra Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil thitung 3,062 > thitung 1,960, Citra Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil thitung 4,109 > thitung 1,960, Pola Sosialisasi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil thitung 1,970 > thitung 1,960, dan Persepsi Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil thitung 3,654 > thitung 1,960. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra perusahaan berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, citra produk juga berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Pola sosialisasi berpengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui citra produk, dan persepsi pelanggan berpengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui citra produk. Rekomendasi yang diberikan adalah perusahaan harus mampu mengembangkan dan menjaga citra produk, serta mempertahankan dan meningkatkan pola sosialisasi dan persepsi pelanggan yang sudah baik dengan memberikan informasi yang akurat, serta meningkatkan citra perusahaan dengan cara meningkatkan fasilitas dan penunjang lainnya.Kata Kunci: Pola Sosialisasi, Persepsi Pelanggan, Citra Perusahaan, Citra Produk, dan Keputusan Pembelian.ABSTRACTNico Andrian, 1510244177, the direct and indirect impact of patterns socialization, customer perceptions, and corporate image on product image and customer buying decision in product smart electrical (prepay) in PT. PLN (persero) Area Kota Pekanbaru, guided by Zulkarnain and Alvi Furwanti Alwie.The research held in PT. PLN (persero) Area Kota Pekanbaru Customer. Has been using smart electrical (prepay).This research held in order to analyze the direct and indirect impact of patterns socialization, customer perceptions, and corporate image on product image and customer buying decision in product smart electrical (prepay). The population is consist of 14.955 customer smart electrical (prepay) in PT. PLN (persero) Area Kota Pekanbaru. According to the sample in formula slovin the number of research sample is drawn to 100 people. The variabel used are patterns socialization, customer perceptions, and corporate image as independen variable, variable product image as intervening variable and variable customer buying decision as dependen variable. Analytical tool used is descripitive analysis and Structural Equation Modeling (SEM) using SmartPLS 2 tool.The statistical test shows that corporate image influence customer buying decision, product image influence customer buying decision. Patterns socialization indirectly influence customer buying decision through product image, and customer perceptions indirectly influence customer buying decision through product image.This research recommended to company must be able to develop and maintain product image, well as maintain and increase patterns of socialization and customer perceptions already well provide accurate information, as well enhance the corporate image with increase fasilitas and other support.Keyword : Patterns of Socialization, Customer Perceptions, Corporate Image, Product Image, Customer Buying Decision