Kualitas Pelayanan Mutasi Pegawai Negeri Sipil Di Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Daerah Provinsi Riau
Main Author: | T. Ardi Dwisasti |
---|---|
Format: | Masters ix, 97 hlm. ; 28 cm |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Universitas Riau
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.pasca-unri.org//index.php?p=show_detail&id=174 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKT.ARDI DWISASTI, NIM. 1410245240. KUALITAS PELAYANAN MUTASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATHAN DAERAH PROVINSI RIAU. Di bawah bimbingan MEYZI HERIYANTO dan M.Y. TIYAS TINOV.Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Provinsi Riau merupakan institusi negara yang mengemban kewajiban untuk memberikan pelayanan mutasi di lingkungan pegawai negeri sipil di Provinsi Riau. Secara umum, kinerja pelayanan BKPPD Provinsi Riau dipersepsikan masih belum memuaskan dalam perspektif pegawai penerima layanan. Penelitian ini dilakukan di BKPPD Provinsi Riau dengan tujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan mutasi pada pegawai negeri sipil di Provinsi Riau.Populasi penelitian adalah para pegawai negeri sipil yang menerima pelayanan mutasi di BKPPD Provinsi Riau, terdiri dari 836 orang pegawai. Dengan menggunakan formulasi Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 90 orang pegawai negeri sipil penerima layanan mutasi. Variabel yng digunakan adalah standar pelayanan yang ditetapkan dalam Kep. Menpan No. 25 Tahun 2004 yang memuat 14 indikator pelayanan yang dijelaskan menjadi 20 subindikator pelayanan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rata-rata pegawai negeri sipil yang menerima layanan mutasi kurang puas dengan pelayanan BKPPD Provinsi Riau, khususnya pada aspek: prosedur, pemenuhan persyaratan teknis, waktu proses, kesamaan dan keadilan penanganan proses mutasi, kompetensi, jaminan kepastian jadwal dan perasaan aman. Sangat direkomendasikan agar dilakukan penyederhanaan prosedur mutasi dengan menggunakan system online, menyediakan SOP tertulis dan menjamin penempatan pegawai yang telah mendapatkan pelatihan pada bidang mutasi.Kata Kunci:Mutasi, Kualitas PelayananABSTRACTT.ARDI DWISASTI, NIM. 1410245240. GOVERNMENT OFFICERS’ MUTATION SERVICE QUALITY IN BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH RIAU PROVINCE. Under guidance of MEYZI HERIYANTO and M.Y. TIYAS TINOV.Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan Daerah (BKKPD) Riau Province is the government-owned institution of Riau Province that takes the mandatory to provide employees’ mutation service for government officers in Riau Province. Generally, the service quality of BKPPD Riau Province is still presumed unsatisfied in the perspective of service receivers. The study held in BKPPD Riau Province with aim to analyze the mutation service quality among government officers in Riau Province.Population are all officers who receive mutation service in BKPPD office, consist of 836 government officers. By using Slovin formulation, the sample number is 90 government officers who receive mutation service. Variables are service quality based on Kep. Menpan No. 25 Year 2004 that consist of 14 service indicators and described into 20 subindicators. Data analyzed by using descriptive analysis.The study reveals that averagely government officers who receive mutation service are still unsatisfied with the service provided by BKPPD Riau Province, especially in the aspects of: procedures, technical fulfillment, process time, equality and justice of mutation process handling, competency, process schedule and security felling assurance. Procedures simplification by using online system, providing writenly standard operational procedures and assure the placement of officers who already has passed the mutation process training are higly recommended. Keywords:Mutation, Service Quality