Manajemen Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBBP2) Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2014-2015
Main Author: | M. Wira Anshori |
---|---|
Format: | Masters xv, 112 hlm. |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Universitas Riau
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.pasca-unri.org//index.php?p=show_detail&id=1531 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKM. WIRA ANSHORI, NIM. 1510244122, dengan judul Manajemen Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBBP2) Oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2014-2015, dibimbing oleh Hasanuddin dan Andin Niantima Primasari.Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, maka Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan menjadi hak dari Pemerintah Daerah, dalam fungsi manajemen terdapat empat fungsi yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Tujuan penelitian Untuk memperoleh gambaran secara nyata mengenai Manajemen Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2) oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2014-2015 dan Faktor – Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Manajemen Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2) Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2014-2015.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang Penulis lakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan, Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Bahwa Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir telah memanajemen pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan berusaha untuk meningkatkan pendapatan asli daerah berdasarkan 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang berdasarkan tugas pokok dan fungsi Badan tersebut. Namun hal tersebut belum dikatakan maksimal dalam pengelolaannya melihat adanya beberapa kendala–kendala dalam pengelolaan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan. Kedua, Faktor pendukung seperti tersedianya dana atau pembiayaan dan dukungan perangkat daerah Faktor penghambat seperti pembagian tugas dan wewenang yang belum merata, kurangnya koordinasi, kurangnya personil baik secara kualitas maupun kuantitas dan kurangnya peralatan.Kata Kunci : Manajemen, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan , Badan Pendapatan Daerah.ABSTRACTM. WIRA ANSHORI, NIM. 1510244122, by title Land and Rural Land and Building Tax Management (PBBP2) By Rokan Hilir District Revenue Agency 2014-2015, Supervisor by Hasanuddin and Andin Niantima Primasari. With the issuance of Law Number 28 Year 2009 on Local Taxes and Retributions, the Collection of Land, Rural and Urban Buildings Taxes becomes the right of Local Government, in the function of management there are four functions namely planning, organizing, actuating and controlling. This research aims to obtain a clear picture of the Land, Rural and Urban Buildings Taxes Management by Local Revenue Agency of Rokan Hilir Regency and Supporting and Inhibiting Factors in the Rural and Urban Buildings Taxes Management by Revenue Agency of Rokan Hilir Regency Year 2014-2015. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data collection techniques that Author uses are interviews, observation and documentation, Data analysis was done with data reduction, data presentation and conclusion.The result of this research indicate that: First, that the Regional Revenue Agency of Rokan Hilir Regency has been managing the taxes of land, rural and urban buildings to increase local revenue based on four functions of management: planning, organizing, actuating, and controlling based on the main functions and duties of the Agency. But it is not said to be maximum in the management, noted that several constraints in the management of land, rural and urban buildings taxes. Second, supporting factors such as the availability of funding or financing and support from local officer. inhibiting factors such as roles and responsibilities are not evenly distributed, lack of coordination, lack of personnel both in quality and quantity and lack of equipment.Keywords: Management, Land, Rural and Urban Buildings Taxes, Local Revenue Agency.