PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN KREATIVITAS PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA

Main Authors: Tyasning, Diah Megasari, Masykuri, Mohammad, Mulyani, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Paedagogia , 2016
Subjects:
PBL
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/7520
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/7520/5382
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran POGIL dan PBL, (2) pengaruh kemampuan memori dan kreativitas, (3) interaksi model pembelajaran, kemampuan memori, kreativitas pada materi Hidrokarbon. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N Kebakkramat (8 kelas). Teknik pengumpulan data yaitu tes, penilaian dan observasi. Hasil penelitian: (1) ada perbedaan prestasi belajar aspek pengetahuan dengan model pembelajaran POGIL dan PBL; (2) ada perbedaan aspek pengetahuan & keterampilan pada siswa dengan kemampuan memori tinggi dan rendah; (3) terdapat perbedaan aspek pengetahuan dan sikap pada siswa dengan kreativitas tinggi dan rendah; (4) ada interaksi antara pembelajaran POGIL dan PBL dengan kemampuan memori terhadap aspek pengetahuan dan keterampilan; (5) tidak ada interaksi antara pembelajaran POGIL dan PBL dengan kreativitas terhadap aspek sikap; 6) terdapat interaksi antara kemampuan memori dan kreativitas terhadap aspek pengetahuan, sikap, keterampilan; dan (7) terdapat interaksi antara pembelajaran POGIL dan PBL, kemampuan memori dan kreativitas pada aspek pengetahuan dan keterampilan, tidak terdapat interaksi pada aspek sikap.