MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL

Main Authors: Mahfud, Hasan, I.S. Poerwanti, Jenny
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Paedagogia, Jurnal Penelitian Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/6359
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/6359/4371
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial pada siswa SD dengan menemukan model desain instruksional yang memadai untuk mening- katkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Nilai rata-rata keterampilan sosial siswa pada siklus I adalah 40% dan siklus II 85.85%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan experiential learning bisa meningkatkan keterampilan sosial siswa. Desain instruksional untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan experiential learning.