ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 25 RAJANG BEGANTUNG II

Main Authors: M.Pd, Andri, Wibowo, Dwi Cahyadi, Agia, Yofa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang , 2020
Online Access: http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/869
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/869/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (a) Kesulitan belajar matematika siswa kelas V, (b) Faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas V, (c) Upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika kelas V, (d) Tingkat kesulitan dalam pembelajaran matematika yang dialami siswa kelas V. Jenis dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan tes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah, (2) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar yaitu faktor sosial, emosional, dan intelektual. (3) Upaya guru mengatasi kesulitan belajar dengan mengadakan remidi. (4) Tingkat kesulitan belajar siswa termasuk dalam kategori sangat sulit. Diharapkan guru dapat mengatasi kesulitan belajar siswa. Sehingga kesulitan siswa pada pembelajaran matematika sedikit teratasi.