PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Main Author: Darwanto, Darwanto
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lambung Mangkurat , 2020
Subjects:
Online Access: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/7649
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/7649/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa dan kolaborasi dalam diskusi kelompok pada mata pelajaran IPS di kelas IX.F di Kusan Hilir 1 Middle School.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil motivasi belajar menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada siklus pertama adalah 68,75%, dan kemudian meningkat menjadi 84,38% pada siklus kedua. Untuk keberhasilan dalam hasil belajar atau kelengkapan klasik meningkat dari 59,37% pada siklus pertama, menjadi 84,38% pada siklus kedua. Sementara hasil kolaborasi dalam kelompok meningkat dari 56,26% pada siklus pertama, menjadi 81,25% pada siklus kedua.