MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VII A MTS MATHLA’UL ANWAR RANTAU BUJUR HILIR KECAMATAN SUNGAI TABUKAN KABUPATEN HSU

Main Author: Rusdiana, Rusdiana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lambung Mangkurat , 2018
Online Access: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/5271
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/5271/4488
Daftar Isi:
  • AbstractThis study aims to describe audiovisual media in learning IPS on Grade VIIA Students MTs.Mathla'ul Anwar Rantau Binggir Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kab.HSU. This research is a Classroom Action Research with Suharsimi Arikanto model. Subject researched is a class VIIA students who numbered 30 students. The object of this research is the skill of discussion through audiovisual media on IPS learning. Data collection techniques were conducted using observation sheets, interviews, test questions, and field notes. Data were analyzed descriptively qualitative. The results show that the skills of discussion through audiovisual media on IPS learning can improve learning outcomes. the results of the evaluation test in cycle I shows there are still 10 students or 34% of students have not finished on learning IPS while learning completeness in cycle I there are 20 students or 67%, so the success indicator has not been achieved because of the completeness of classical learning must be achieved at least is 70%. The results of the evaluation test in cycle II indicate that the average test result has increased compared to cycle I. The average score reached 79.3 and the number of students who complete the study also experienced an increase from 20 to 25 from 30 students or about 83% . The criteria of the success rate of students in cycle II is in the high category. The data shows that the learning outcomes in cycle II has reached the indicator that is determined that the minimum completeness of 70% of students have met the purposed so that the process of learning skill discussing through the audiovisual media is successful.Keywords: Discussions, Audiovisual Media, IPS Learning AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendskipsikan proses pembelajaran IPS menggunakan meningkatkan keteramplan berdiskusi melaui media audiovisual dalam pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VIIA MTs.Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kab.HSU. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Suharsimi Arikanto. Subjek penelitaiannya adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitiana ini adalah keterampilan berdiskusi melalui media audiovisual pada pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, soaltes, dan catatan lapangan.Data dianalisis secara diskriptif kualitatif.Hasil menunjukkan bahwa keterampilan berdiskusi melalui media audiovisual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar.Hasil tesevaluasipada siklus I menunjukkan masih ada 10 siswa atau 34% siswa belum tuntas pada pembelajaran IPS sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada 20 siswa atau 67%, sehingga indikator keberhasilannya belum tercapai karena ketuntasan belajar klasikal yang harus dicapai minimal adalah 70%.Hasil tes evaluasi pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Nilai rata-rata mencapai 79,3 dan jumlah siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan yaitu dari 20 meningkat menjadi 25 dari 30 siswa atau sekitar 83%. Kriteria tingkat keberhasilan siswapada siklus II masuk kategori tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus II telah mencapai indikator yang ditentukanyaitu ketuntasan minimal sebesar 70% siswa telah memenuhi KKM sehingga proses pembelajaran keterampilan berdiskusimelalui media audiovisual tersebut berhasil.Kata Kunci : Keteramplan Berdiskusi, Media Audiovisual, Pembelajaran IPS