PENERAPAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL ) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA VOLUME BANGUN RUANG

Main Author: Chumdari, ROHIM CARITO, Kuswadi,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/960
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/960/763
Daftar Isi:
  • Abstract: The aim of this reserach is To promote creativity in learning mathematics geometrical materials in class V SD Negeri 02 Bolong SAVI approach (Visual Auditory Intellectual somatic). This research belongs to a classroom action research. The research was carried out in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Data sources consist of primary data source, namely, data obtained from students, teacher, headmaster, and parent of student and, secondary data source includes archives/documents, test of learning performance, and observation sheet. The data is collected by using observation, interview and documentation. Data validity is examined by using content validity, data triangulation and methodological triangulation. Data analysis of the research uses interactive model consisting of three components, namely, data reduction, data presentation, and conclusion drawing or verification. Inconclusion the application of the approach SAVI (Visual Auditory Somatic Intelektual) can improve creativity students in learning mathematics geometrical volume of material. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 02 Bolong melalui pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data berupa sumber data pokok (Primer) yaitu dari para siswa, guru, kepala sekolah dan orang tua siswa dan sumber data sekunder meliputi arsip/dokumen, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi, teknik trianggulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Simpulan bahwa penerapan pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelekrual) dapat meningkatkan krativitas siswa dalam pembelajaran matematika materi volume bangun ruang. Kata kunci: SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual), kreativitas dalam pembelajaran Matematika