PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN
Main Author: | Matsuri, Paramuditha Widyanto, Yulianti,; UNIVERSITAS SEBELAS MARET |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/9084 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/9084/7142 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/9084/1177 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is to improve calculate fractions ability through learning model of cooperative type Team Accelerated Instruction (TAI) in fourth grade of SD Negeri Bratan 01 No.71 Surakarta 2015/2016 academic year. The subject of this research were teacher and the 36 students on the fourth student of SD Negeri Bratan 01 No.71 Surakarta 2015/2016 academic year. This research was classroom action research conducted in two cycles. The data collection technique were observation, interview, test and documentation. The technique of data analyzed was interactive analysis and descriptive comparative. The data validity was investigated by content validity and triangulation. Based on minimum completeness criteria (KKM) ≥ 70. At pre-action the passing percentage was 36,11%; it increases to 61,11% at cycle I; and then it increases to 88,89% at cycle II. Based on result of the research, it can be concluded that using cooperative type Team Accelerated Instruction (TAI) can improve calculate fraction ability on the fourth student of SDN Bratan 01 No.71 Surakarta 2015/2016 academic year. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada siswa kelas IV SD Negeri Bratan 01 No.71 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Bratan 01 No.71 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Untuk pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan deskriptif komparatif analisis kritis. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal ≥70, yaitu pada kondisi awal sebelum diterapkan tindakan ketuntasan siswa sebesar 36,11%; pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 61,11%; dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Bratan 01 No.71 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.Kata kunci : Team Accelerated Instruction (TAI), kemampuan menghitung pecahan