PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN IPA

Main Author: Idam Ragil Widianto Atmojo, Arianto Kurniawan, Kartono,
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/9030
Daftar Isi:
  • Abstrack: The purpose of this research was to improve the scientific attitude in science learning at a fifth grade students of SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo at 2015/2016 academic year. This research was a Classroom Action Research. The research was conducted in three cycles. Each cycle consisting of planning, acting, observing, and reflecting. The subjects were a teacher and students of fifth grade of SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo at 2015/2016 academic year. The data source derived from teacher, the result of scintific attitude observation, and documentation. Data collection technique were interview, observation, and documentation. The data validity used data sourch triangulation and data collection of triangulation. The data analyzed technique was interactive analysis model. The conclusion was implementation of Science, Environment, Technology, and Society (SETS) model could improve the scientific attitude in science learning at fitth grade students of SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo at 2015/2016 academic year. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada siswa kelas V SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru kelas V, hasil observasi sikap ilmiah, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dapat meningkatkan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: model pembelajaran SETS, sikap ilmiah, pembelajaran IPA