PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN
Main Author: | Joko Daryanto, Anggun Farida Rohmah, St. Y. Slamet, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8857 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8857/6654 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/8857/1129 |
Daftar Isi:
- Abstract: The research aims to improve the ability of pantun writing by using cooperative learning model of Think Talk Write (TTW). The research subject is teacher and students of grade IV in SD Negeri 3 Delanggu at the academic year of 2015/2016. The type of the research is classroom action research, it conducted in two cycles. Each cycles consist of four phases, there are planning, acting, observing, and reflecting. Data gathered by observation, interview, and test. Data is validated by using source triangulation and technic triangulation. Data analyzed by using interactive analysis model, it consist of three components, there are data reduction, data display, and taking the conclusion or verification. The result shows that cooperative learning model of Think Talk Write (TTW) can improve the ability of pantun writing. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui penerapan model pembelalajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Delanggu tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, di antaranya perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data tersebut dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, Think Talk Write (TTW), kemampuan menulis pantun