PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI
Main Author: | M. Ismail Sriyanto,, Riska Widya Pratama, Riyadi, Siti Istiyati, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8809 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8809/6664 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/8809/1113 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/8809/1114 |
Daftar Isi:
- Abstract: The aims of this research are: to improve narrative writing skill and describe the application of VAK learning model in increasing narrative writing skill of the fourth grade students of Karangasem II Surakarta state elementary school 172 in academic year 2015/2016. This research was classroom action research which conducted in Karangasem II Surakarta state elementary school 172 with the fourth grade students which has 38 students. This research was conducted in two cycles which by means of four steps: planning, action phase, observation, and reflection. The datacollected by interview technique, observation, test, and documentation. The data validation test used content validity by means of expert judgment and data collect techinque triangulation. The technique of data analysis used interactive analysis which consists of three basic phases are data reduction display and drawing conclusion.The research findings show that the prior to the treatment, the average score on the narrative writing skill 59,32, in first cycle increased to 68,94, and in second cycle increased to 76,25.Theconclude of this researchare application of VAK learning model can increase skill of writing narrative text and with optimize third VAK modality that by means of VAK four steps can increase skill of writing narrative textin the fourth grade students of Karangasem II Surakarta state elementary school 172 in academic year 2015/2016. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis narasi dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran VAKyang dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Karangasem II No. 172 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Karangasem II No. 172 Surakarta dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi melalui expert judgment dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis datanya menggunakan analisis interaktif dengan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis narasi pada pratindakan 59,32, pada siklus Imeningkat menjadi 68,94, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,25. Simpulan penelitian ini yaitupenerapan model pembelajaran VAKdapat meningkatkan keterampilan menulis narasi dandengan mengoptimalkan ketiga modalitas belajar VAK yang melalui empat langkah VAK dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Karangasem II No. 172 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), keterampilan, menulis narasi