PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA

Main Author: Hadiyah, Retno Muji Lestari, Amir,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8719
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8719/6642
Daftar Isi:
  • Abstract : The purpose of this research was to improve the story listening skill by applying the cooperative learning model of Think Pair Share type with video media on the fifth grade students of SDN Karangasem I No. 61 Surakarta in the academic year 2015/2016. This research was a Classroom Action Research (CAR) with cycles model. This research was conducted in two cycles which each cycle consist of four steps, that were planning, action, observation, and reflection. This research subject were the fifth grade students of SDN Karangasem I No. 61 Surakarta in the academic year 2015/2016, consist of 41 students. The data collecting technique were test, interview, observation, and documentation. The data validity of this research was tested using source and technique triangulation. The data analysis technique used were interactive data analysis and comparative description. The result of research at pre-action stage, average value of the story listening skill reached 53,63 with 31,71% of classical completeness. On the first cycle, the average value achieved 72,48 with 73,17% of classical completeness. On the second cycle, the average value increased up to 77,93 with 92,68% of classical completeness. Based on the research result, it can be concluded that the applied of cooperative learning model of Think Pair Share type with video media can improve the story listening skill on the fifth grade students of SDN Karangasem I No. 61 Surakarta in the academic year 2015/2016. Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan media video pada siswa kelas V SDN Karangasem I No. 61 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangasem I No. 61 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian pada tahap pratindakan menunjukkan nilai rata-rata keterampilan menyimak cerita mencapai 53,63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 31,71%. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 72,48 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73,17%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 77,93 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,68%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Karangasem I No. 61 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, media video, keterampilan menyimak cerita