PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN
Main Author: | Amir, Putri Dewi Andriani, Siti Kamsiyati, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8718 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8718/6641 |
Daftar Isi:
- Abstract: This research aims to improve the ability of solving decimal calculation in essay test through the applied Think Talk Write learning model. This research was conducted during three cycles. The subject is the students of Grade VI SD Negeri Karangasem I Surakarta in the academic year 2015/2016 consist of 41 students. Data gathered by observation, interview, test and document study. Data analyzed by using interactive models and descriptive comparation critical analysis technique. Data is validated by using content and triangulation technique. The minimum passing grade ≥75. The percentage of students passing the grade class berore action is 39,02%; at the cycle I the percentage increases to 68,29%; at cycle II it increases to 80,49%; and at cycle II it increases to 92,68%. It concludes that the applied Think Talk Write learning model can improve the ability of solving calculation essay test of students of Grade IV SD Negeri Karangasem I Surakarta in the academic year 2015/2016. Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem I Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangasem I Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 siswa. Untuk pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dan deskriptif komparatif analisis kritis. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal ≥75, pada kondisi awal sebelum diterapkan tindakan ketuntasan siswa sebesar 39.02%; pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 68,29%; pada siklus II meningkat menjadi 80,49%; dan pada siklus III meningkat menjadi 92,68%. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem I Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Think Talk Write (TTW), soal cerita, pecahan