PENGGUNAAN PENDEKATAN STARTER EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN HASIL PERCOBAAN PEMBENTUKAN TANAH DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Idam Ragil Widianto Atmojo,, DAVIE, Siti Wahyuningsih, Matsuri, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8602 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/8602/6626 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/8602/1041 |
Daftar Isi:
- Abstract: This research aims to improve the skill of communicating the result of the soil formation experiments in science learning on Class VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta at the academic year of 2015/2016. This research is a form of Classroom Action Research, conducted in two cycles. Each cycle consist of four step: planing, action, observation and reflection. This research subject were teacher and students of Class VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Data analysis techniques used consisted of three steps, there are data reduction, data presentation and conclusion. Data collection technique are observation, interview, test and documentation. Test of data validity using source triangulation and method triangulation. This Classroom Action Research result show that skill of communicating the result of the soil formation experiments of Class VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta improve at each cycle. Skill enhancement increase in the average score in cycle one of 75,28 to 90 in cycle two. The percentage of classical completeness in cycle one by 25,93% increased to 88,89% in cycle two. Except, there is change of students’activity and teacher’s performence during the learning activities with the Starter Experiment Approach implemented. Conclusion of this research is the implementation of the Starter Experiment Approach can improve the skill of communicating the result of soil formation experiments in science learning on Class VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta academic year 2015/2016. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan hasil percobaan pembentukan tanah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan mengomunikasikan hasil percobaan pembentukan tanah siswa kelas VB SDN Mangkubumen kidul No. 16 Surakarta mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan ini didukung dengan adanya peningkatan nilai rata-ratanya pada siklus I sebesar 75,28 menjadi 90 pada siklus II. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 25,93% menjadi 88,89% pada siklus II. Selain itu, ada perubahan aktivitas siswa dan kinerja guru selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Starter Experiment (PSE). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Starter Experiment dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan hasil percobaan pemebntukan tanah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VB SDN Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: pendekatan starter experiment, keterampilan proses, keterampilan mengomunikasikan, pembelajaran IPA.