PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Idam ragil Widianto Atmojo, umi nur hanifah, Chumdari,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6759
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6759/6604
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/6759/939
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this research was to improve the social attitudes use Problem Based Learning (PBL) model. The form of this research is Classroom Action Research (CAR), that conducted in three cycles. The subject of this research was the fifth grade students of Ngaru-Aru 2 State Elementary School Banyudono Boyolali in the academic year of 2014/2015 amounting to 37 students. The data collecting technique were observation, interview, documentation, and questionaires. The data validity were triangulation of resources and triangulation of technique. The data analysis technique was interactive model that consist three components, they are reduction, data display, conclusion drawing or verification. The conclusion was implementation of PBL learning model could improve the achievement of social attitude responsibility, honesty and caring in tematik learning at A fifth grade students of SD N 2 Ngaru-aru Banyudono Boyolali at 2014/2015 academic year. The result of this research shows the minimum learning completeness before action is 67,57%; on the cycle I it increased to 75,68%; on the cycle II the increased continous to 83,78%, and on the cycle III the end of the cycle, it increased become 94,59%. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap sosial melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Ngaru-Aru Banyudono Boyolali tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan pencapaian sikap sosial tanggung jawab, kejujuran dan kepedulian pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 2 Ngaru-aru Banyudono Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan kelas pada kondisi awal sebelum tindakan sebesar 67,57%, siklus I ketuntasan kelas naik menjadi 75,68%, siklus II naik lagi menjadi 83,78%, dan pada siklus III ketuntasan kelas menjadi 94,59%. Kata kunci : sikap sosial, Model Problem Based Learning (PBL)