PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS TENTANG PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Main Author: Rukayah, Restu damayanti, Suharno,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6469
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6469/6591
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/6469/902
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan metode guided note taking dan untuk mengidentifikasi hambatan dalam penerapan metode guided note taking. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Wiropaten Surakarta tahun ajaran 2014/2015.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia dan hambatan dari penerapan metode guided note taking adalah pembuatan hand out yang menghabiskan cukup banyak waktu dan biaya.