PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY

Main Author: Sularmi, siti kamsiyati, prakoso widi atmoko, Lies Lestari,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6379
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6379/5317
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this research was to improve addition and substraction of fraction counting ability by cooperative model type Course Review Horay. This research used the classroom action research method with two cycle. Each cycle consisted of four phase, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research is the fourth grade students of SD Negeri 2 Palar many as 19 students. The data collecting technique are test, observation, indepth interview, and documentation. The data were validited by using the data gathering source triangulations and technique triangulations. They were then analyzed by using the interactive model of analysis comprising three components, namely: data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the research show that prior to the treatment, the class average score on addition and substraction of fraction counting ability is 55.31 with the minimum learning completeness of 36.84%. Following the treatment, the class average scores become 77.55 with the minimum learning completeness of 73.68% in Cycle I, and 82.26 with the minimum learning completeness of 89.47% in Cycle II respectively. Based on the results of the research, a conclusion is drawn that the result of implementation cooperative model type Course Review Horay can improve the addition and substraction of fraction counting ability of the students in fourth grade of SD Negeri 2 Palar, Klaten in academic year 2014/2015. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui model kooperatif tipe Course Review Horay pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Palar, Klaten tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Palar yang berjumlah 19 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Uji validitas penelitian menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian dokumen, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukka bahwa nilai rata-rata kelas tes kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan pada pra siklus 55,31 dengan ketuntasan klasikal mencapai 36,84%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas tes kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan meningkat menjadi 77,55 dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,68%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas tes kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan meningkat lagi menjadi 82,26 dengan ketuntasan klasikal mencapai 89,47%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penerapan model kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas IV SD Negeri 2 Palar, Klaten tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Kemampuan menghitung pecahan, Course Review Horay