PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN METODE PENUGASAN

Main Author: Hadiyah, febri tri budi satriya, Amir,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6276
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6276/5330
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/6276/883
Daftar Isi:
  • Abstract: The aim of this research is to increase skill in beginning writing through Student Team Achievement Divisions Model (STAD) with giving an asignment in second grade students of Karangasem 3 State Primary School in the academic year of 2014/2015. This research used classroom action research method with two cycle. Each cycle consisted of four phase, namely: planning, implemetation, observation, and reflection. The subjects of the research were the student of second grade in Karangasem 3 State Primary School amounting 31 students. The data of the research were gathered from the teacher and the students through test, observation, indepth interview, and documentation. The data were validited by using the data gathering technique triangulations. They were then analyzed by using the interactive model of analysis comprising three components, namely: data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the research show that prior to the treatment, the class average score on beginning writing is 66,2 with the minimum learning completeness of 41,93%. Following the treatment, the class average scores become 73,5 with the minimum learning completeness of 67,74% in Cycle I, and 77,59 with the minimum learning completeness of 77,41% in Cycle II respectively. The concusion of the research that the skill in beginning writing could increase through Student Team Achievement Divisions Model (STAD) with giving an asignment of Karangasem 3 State Primary School in the academic year of 2014/2015.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dengan metode penugasan pada siswa kelas II SDN Karangasem 3 tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Karangasem 3 yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Analisis data yang diguanakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas tes keterampilan menulis permulaan pada prasiklus adalah 66,2 dengan ketuntasan klasikal mencapai 41,93%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas tes keterampilan menulis permulaan meningkat menjadi 73,5 dengan ketuntasan klasikal mencapai 67,74%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas tes keterampilan menulis permulaan meningkat lagi menjadi 77,59 dengan ketuntasan klasikal mencapai 77,41%. Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis permulaan dapat meningkat melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dengan metode penugasan pada siswa kelas II SDN Karangasem 3 tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: menulis, keterampilan menulis permulaan, Student Team Achievement Divisions, penugasan