PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL
Main Author: | Hasan Mahfud, dewi suhita, Siti Istiyati, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6002 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/6002/5293 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/6002/822 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi melalui penggunaan media audio visual. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mangkuyudan No.02 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi teknik. Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep perkembangan teknologi pratindakan sebesar 66,57. Pada siklus I nilai rata-rata pemahaman konsep perkembangan teknologi sebesar 75 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,54. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 9 siswa (32,14%), pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa (60,71%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 siswa (85,71%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Mangkuyudan No.02 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Abstract: The purpose of this research is to improve concept comprehension of technology development by applying audio visual. The type of this research is classroom action research that consists of two cycles. The subject of this research is the fourth grade students of Mangkuyudan 02 State Elementary School Surakarta in academic year 2014/2015 which consists of 28 students; they are 18 male students and 10 female students. The data collection techniques are by using observation, interview, test, and documentation. The data validity is examined by using data content validation and technique triangulation. The data analysis of this research is by using Miles and Huberman model which consists of data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. The result of this research shows that the average grade of concept comprehension of technology development in pre-cycle is 66,57. In the first cycle the average grade of concept comprehension of technology development is 75 and in the second cycle the average grade of concept comprehension of technology development increases to 85,54. In pre-cycle, the students who acquire passing grade are 9 students (32,14%), in the first cycle increases to 17 students (60,71%), and in the second cycle increases to 24 students (85,71%). Based on the result of research, it can be concluded that the application of audio visual media can improve the concept comprehension of technology development on fourth grade students of Mangkuyudan 02 State Elementary School Surakarta in academic year 2014/2015. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Perkembangan Teknologi, Media Audio Visual