PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA ANAK MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE
Main Author: | Chumdari, Chatarina Lia Kusumawati, St.Y Slamet,; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4513 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4513/4477 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is to improve the children’s story writing skill by using picture and picture method. This research was Classroom Action Research (CAR). It was conducted through two cycles. Each cycles consist of planning, implementing, observation, and reflection. The subject of data research were teacher and students fourth grade which amount is twenty three. The resources of data research were teacher and students. The tehniques of data collection that used are observation, interview, test, and documentation. The validity of data research that used are resources triangulation and methods triangulation. The analysis of data resources use interactive analysis model has three components, that are data reduction, data presentation, and drawing conclusion or verification. The conclusion of this researh is picture and picture method can improve the children’s story writing skill in the fourth grade student of SD Negeri 01 Kuto Kerjo Karanganyar on the academic year of 2013/2014. Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita anak melalui penggunaan metode picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Simpulan penelitian ini adalah metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita anak di kelas IV SD Negeri 01 Kuto Kerjo Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: keterampilan menulis, cerita anak, metode picture and picture.