PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR
Main Author: | Joko Daryanto, yurochman sulistyoko romadhon, Siti Istiyati,; Sebelas Maret University |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4210 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4210/5335 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is for improvements narrative writing skills of fourth grade of SDN 1 Mendak in academic year of 2013/2014 by using picture storybooks. This research forms was Class Action, its consists of two sycle, and each cycle consists of two-times learning. Each cycles was consist of four phases, there are phases of planning, action implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used in this research are the interview, observation, document studies, and test. The techniqueusedisthe datavalidity is content validity. Data analysis techniques was interactive analysis in the analysis of interactive, consists of four elements, there are data collection, data reduction, data display, and withdrawal of the conclusion. The results of this research is by using picture storybooks can improve narrative writing skills of fourth grade of SDN 1 Mendak in academic year of 2013/2014. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 1 Mendak tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan media buku cerita bergambar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua sikus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumen, dan tes. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran buku cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 1 Mendak tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci: keterampilan menulis, keterampilan menulis narasi, buku cerita bergambar