PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN PENGGUNAAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Main Author: suharno, sari dewi prastiwi, Peduk Rintayati,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4093
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4093/2892
Daftar Isi:
  • Abstract: The objective of this research is to improve the applying ability of energy use through Project Based Learning model. This research used the classroom action research (CAR) with two cycles. Each cycle consisted of two meetings. Each cycle consisted four phases, namely: planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of the research were teacher and 27 students in the fourth grade of SD Negeri 03 Bolon, Colomadu, Karanganyar in academic year 2013/2014. The data of the research was gathered through observation, interview, test, and documentation. They are analyzed by using interactive model of analysis. The data were validated by using the data source and technique triangulations. The conclusion of this research showed that the Project Based Learning model can improve the applying ability of energy use. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menerapkan penggunaan energi melalui model pembelajaran Project Based Learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Bolon tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalalah melalui model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menerapkan penggunaan energi. Kata Kunci: Project Based Learning, kemampuan menerapkan, penggunaan energi