PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN JEPANG DI INDONESIA

Main Author: karsono, miftahul huda, soegiyanto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4071
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4071/2874
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this research is to improve the understanding of the concept of the struggle during the Japanese colonialism period in Indonesia through the implementation of cooperative learning model Bamboo Dancing. The form of this research is Classroom Action Research (CAR) conducted as two cycles, and each cycle lasted for two meetings. Each cycle consists of four stages, namely planning phase, implementation phase action, phase observation/ observation, and reflection phase. The techniques of collecting data in this research are observation, interviews, tests, and documentation. Test the validity of the data using triangulation of data sources and triangulation techniques. The data analysis technique used the interactive model (Miles & Huberman), which consists of three components, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The conclusion of this research is the application of cooperative learning model Bamboo Dancing can improve the understanding of the concept of the struggle during the Japanese colonialism periode in Indonesia.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan pada masa penjajahan Jepang di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dan tiap siklus berlangsung selama dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.Kata kunci: Bamboo Dancing, Pemahaman Konsep, Perjuangan pada Masa Penjajahan Jepang di Indonesia