PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA
Main Author: | karsono, Elizabeth Septi Prasetyaningsih, soegiyanto, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3987 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3987/2810 |
Daftar Isi:
- Abstract: The objective of this research is to improve a comprehension concept of struggle during Netherlands colonialism period by applying cooperative learning model Team Quiz type. The form of this research is Classroom Action Research (CAR) by using two cycles and each cycle was held on two-times learning. Every cycle consists of four phases, there are planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of this research are the teacher and the fifth grade students. The techniques of collecting data in this research are observation, interview, test, and documentation. Data validity is examined by using source triangulation. The technique of data analysis uses analytical interactive model which consists of three components, there are data reduction, data display, and conclusion drawing (verification). The conclusion of this research is the application of cooperative learning model Team Quiz type can improve a comprehension concept of struggle during Netherlands colonialism period.Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan pada masa penjajahan Belanda dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan (verifikasi). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan pada masa penjajahan Belanda.Kata kunci: Team Quiz, Pemahaman Konsep, Perjuangan pada Masa Penjajahan Belanda