PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERAPAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA

Main Author: Joko Daryanto, septarini rosalina, Peduk Rintayati,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3983
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3983/2807
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this research was to improve students’ applying ability about the concept of light’s characteristics. The type of this research was classroom action research, which was conducted in two cycles. Each cycle consisting of planning, acting, observating, and reflecting. The data analyzed technique was interactive analysis model, it consisting of three components; data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The data collection techniqueswere interview, observation, documentation, and test. The result of the research is the application of Project Based Learning model can improve students’ applying ability about the concept of light’s characteristics. Abstrak: Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penerapan konsep sifat cahaya melalui model Project Based Learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penerapan konsep sifat-sifat cahaya. Kata kunci : Project Based Learning, kemampuan penerapan, konsep sifat-sifat cahaya.