PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA)
Main Author: | M. Shaifuddin, MUHAMMAD YUSUF KURNIAWAN St.Y Slamet, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3809 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3809/2690 |
Daftar Isi:
- Abstract: The aim of this research is to improve the reading comprehension skill by using the Directed Reading Thinking Activity (DRTA) strategy.This research form is classroom action research and it was conducted in two cycles. Each cycle consist of four steps, they are planning, action implementation, observation, and reflection. The research subject are the homeroom teacher and the fifth grade students. The technique of analyzing data is interactive analyses consist of the three components, they are data reduction, data display, and conclusion. The techniques of collecting data used are documentation, observation, interview, and test. The data validity used data triangulation and technique triangulation. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)