PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SUMBER DAYA ALAM MELALUI MULTIMEDIA DENGAN TEKNIK EXAMPLE NON EXAMPLE
Main Author: | Hasan Mahfud, januria dyah wulan, Rukayah, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2889 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2889/1987 |
Daftar Isi:
- Abstract : The research objective of this class action is to improve the understanding of natural resource concepts through multimedia techniques Example Non Example (classroom action research on SD Negeri 02 Manang Grogol, Sukoharjo academic year 2012/2013). This research is a form of action research that reflection. As a research subject is the fourth grade students. Data collection techniques using observation, documentation, and testing. Analysis using interactive model that includes data reduction, data presentation and drawing conclusions or verification. Based on these result, it can be concluded that through the use of multimedia with Example Non Example techniques can improve the understanding of the concept of natural resource in fourth grade student SD Negeri 02 Manang Grogol Sukoharjo year 2012/2013. It can be proved by (1) an increase in the average value obtained by the students from the class ealier in the pre-action 57,69; later in the first cyce to 66,53; rose to 84,42 in the second cyce, (2) an increase in percentage of students passing grade before action is only 26,92%, in testing the first cyce to 42,3%, then on the second cyce to 92,30%. Abstrak : Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam melalui multimedia dengan teknik Example Non Example (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Manang Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Manang Grogol Sukoharjo, berjumlah 26 siswa, 11 siswa laki-lakidan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan multimedia dengan teknik Example Non Example mampu meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Manang Grogol Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Hal itu dapat dibuktikan dengan (1) adanya peningkatan rata-rata nilai kelas yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada sebelum tindakan 57,69; kemudian pada siklus 1 menjadi 66,53; naik menjadi 84,42 pada siklus II, (2) adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan hanya 26,92%; pada tes siklus I menjadi 42,3%; kemudian pada siklus II menjadi 92,30%.