PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA MAGNET DALAM PEMBELAJARAN IPA

Main Author: Idam Ragil Widianto Atmojo, eti setyani hartantur, Kuswadi,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2483
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2483/1795
Daftar Isi:
  • Abstract: The aim of this research is to improve understanding of gaya magnet concept in science learning by applying SAVI approach. The type of this research is classroom action research (CAR). During two cycle. each cycle consist of four phases, that are planning, action implementation, observation, and reflection. Data collecting technique is test, observation, documentation, and interview. Data analyzed technique is interactive analysis model, it consists of three component, there are data reduction, display data, and taking the conclucion or verification.The conclution of this research is by applying of SAVI approach can improve the understanding concept of gaya magnet. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep gaya magnet melalui pendekatan SAVI. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan pemahaman konsep gaya magnet. Kata Kunci: pendekatan SAVI, pemahaman konsep.