PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA TENTANG MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL
Main Author: | Yulianti, anggun novilasari, Rukayah, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2332 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2332/1692 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is to know the influence of cooperative model of Numbered Heads Together (NHT) technique to speaking skills about comment on factual problem. This research is a experimental research. The research design used post tests only control group design. The sampling technique used was cluster random sampling. According to the result of hypothesis analysis in 5% significance got t count > t table (4,661 > 2,019). The conclution of this research was there are influence on the usage of cooperative model technique Numbered Heads Together (NHT) to speaking skills about comment on factual problem. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan berbicara tentang mengomentari persoalan faktual. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu post test only control group desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung > t tabel(4,661 > 2,019). Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan model kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan berbicara tentang mengomentari persoalan faktual.