PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES
Main Author: | Matsuri, Elfida Rofi'ah Riyanto, Usada,; UNIVERSITAS SEBELAS MARET |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2014 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2014/1512 |
Daftar Isi:
- Abstract: The objective this research as follow improving study IPS result social problem material in the his students of class IV SD Negeri I Sidokarto, Girimarto, Wonogiri 2012/2013 Academic Year. This research is Classroom Action Research, in contains of research space, include four phases, it is started from planning, acting, observing and reflecting. Techniques of collecting data in this research are interview, observation, tests and inspect document. The validity of data changes content validity. Techniques of analysis data is used descriptive comparative, by some steps as follows: processing, presentation, analysis and conclusion. It could be recommendation that cooperative learning type examples non examples model could be improved study IPS result social problem material. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri I Sidokarto Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang berisi alur penelitian meliputi empat tahap, dimulai dari perencana-an, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obser-vasi, tes dan kajian dokumen. Validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif, dengan langkah-langkah anatara lain: pengolahan, penyajian, analisis dan pe-nyimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa model pembelajaran koo-peratif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial. Kata kunci: Hasil belajar IPS, masalah sosial, dan Examples non Examples