PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM

Main Author: Noer Hidayah, ryanjani lila anggraita, Siti Istiyati,; Universitas Negeri Surakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/1975
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/1975/1438
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this study was to improve the understanding concept of the economic activities releted to natural recources education at the fourth grade students in SDN 03 Popongan through the use of audio-visual media. The form of this research was classroom action research that has been done in two cycles, each cycle through the stages of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used documentation, interviews, observations, and tests. The techniques of data analysis used analytical interactive model that consists data reduction, data display, and conclusion drawing. The results showed that through the use of audio-visual media in the social science studies can enhance the understanding concept of the economic activities releted to natural recources at the fourth grade students in SDN 03 Popongan Karanganyar in academic year 2012/2013. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SDN 03 Popongan melalui penggunaan media Audio Visual. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Audio Visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SDN 03 Popongan tahun ajaran 2012/2013. Kata Kunci: Media Audio Visual, pemahaman konsep