PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: M. Shaifuddin, Nur Raida Fatati, Peduk Rintayati,
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10971
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10971/1483
Daftar Isi:
  • Abstract : The purpose of this research was to improve an analysis ability of characteristic of light by implementing Problem Based Learning (PBL) model on fifth grade student of SD Negeri Setono No. 95 Surakarta in the academic year of 2016/2017). This research was classroom action research which was conducted in two cycles, each cycle consist of two meetings. Each cycles consist of four steps, they were plan, action, observation, and reflection. The subjects of this research were the fifth grade teacher and student of SD Negeri Setono No. 95 Surakarta in the academic year of 2016/2017 which consist of 31 students. The data collecting techniques were observation, interview, test, and documentation. The data validity was investigated by triangulation data and triangulation technique. The data analysis techniques used interactive analysis model by Miles dan Huberman (2007: 16) which is consist of three components, they were data reduction, data display, and verification. The result of this research showed that an analysis ability of characteristic of light improved by implementing of Problem Based Learning (PBL) model on fifth grade student of SD Negeri Setono No. 95 Surakarta in the academic year of 2016/2017). It was proved by the improvement of the characteristic of lights average marks on each cycles. On the precycle, the average of an analysis ability of characteristic of lights was 64,15 with classical completeness was 32,26% (10 students). On the first cycle, the average score was 79,73 with classical completeness was 70,97% (22 students). On the second cycle, increased to 85,34 with classical completeness was 90,32% (28 students). The conclusion of this research showed that an analysis ability of characteristic of light can be improved by implementing of Problem Based Learning (PBL) model on fifth grade student of SD Negeri Setono No. 95 Surakarta in the academic year of 2016/2017. Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menganalisis sifat-sifat cahaya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus dapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif, komparatif, teknik analisis kritis, dan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan menganalisis sifat-sifat cahaya meningkat dengan menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes kemampuan menganalisis sifat-sifat cahaya pada setiap siklusnya. Pada pratindakan, nilai rata-rata kemampuan menganalisis sifat-sifat cahaya sebesar 64,15 dengan ketuntasan klasikal sebesar 32,26% atau sebanyak 10 dari 31 siswa. Pada siklus I, nilai rata-ratanya mencapai 79,73 dengan ketuntasan klasikal 70,97% atau sebanyak 22 dari 31 siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata menjadi 85,34 dengan ketuntasan klasikal 90,32% atau sebanyak 28 dari 31 siswa tuntas mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan menganalisis sifat-sifat cahaya dapat meningkat melalui penggunaan model Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: kemampuan menganalisis, sifat-sifat cahaya, Problem Based Learning.